Anda Wanita Perlu Me Time, Ini Tujuh Sebabnya

Posted on

Dengan membuat diri sendiri mewaspadai perasaan tertentu yang begitu kuat, Anda akan lebih mudah untuk mengenalinya dan mengatasi situasi yang menyebabkan munculnya perasaan tersebut.

3. Membantu membuat keputusan lebih baik

Mengambil keputusan penting bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Terkadang kita memutuskan sesuatu berdasarkan rasa gelisah atau khawatir. Ketika menghadapi hal itu, penulis buku A Happy You: Your Ultimate Prescription for Happiness, Elizabeth Lombardo, PhD, menyarankan Anda untuk meluangkan waktu sejenak melakukan hal-hal yang disukai seperti membuat sketsa, membuat tembikar, berkebun, atau menulis.

“Melakukan suatu hal kreatif, apa pun bentuknya, merupakan cara terbaik untuk brainstorming,” ujarnya.

Kegiatan tersebut akan membantu Anda melatih ‘otot-otot kreatif’ dan berpikir secara berbeda ketika akan mengambil keputusan.

4. Membantu tidur lebih nyenyak

Setiap tidur malam, otak kita memproses segala kejadian yang kita alami hari itu. Menyelaraskan ingatan dan mencerna emosi, demikiran yang dijelaskan oleh Shelby Freedman Harris, PsyD, direktur Behavioral Sleep Medicine Program Sleep-Wake Disorders Center di New York.

Menurut Harris, pikiran yang penuh dan sibuk tak hanya menyulitkan kita untuk tidur, melainkan juga membuat stres dan cemas.

Untuk memperbaiki tidur malam Anda serta mendapatkan manfaatnya, Harris menyarankan untuk memberi jeda satu jam sebelum tidur dan melakukan aktivitas ringan dengan fokus tunggal seperti mengecat kuku atau membaca buku. Kegiatan tersebut membantu

Anda mempersiapkan diri untuk tidur lelap.

5. Meningkatkan fokus

Anda tentu kerap mendengar kata “mindful” bukan? Kata yang jika diterjemahkan adalah “sadar” atau “terjaga” itu bisa mudah diartikan sebagai memikirkan apa yang tengah Anda kerjakan atau hadapi saat ini. Misalnya, ketika Anda berada di salon untuk manicure, maka fokus pikiran serta indra Anda terpusat pada pengalaman itu. Demikian pula ketika membaca buku atau menikmati waktu di pantai. Fokus Anda adalah pada isi buku atau suasana serta suara debur ombak.

Comments

comments

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *