Awas, Sikat Gigi Setelah Makan Sebabkan Gigi Ngilu

Posted on

Tahukah Anda bahwa langsung sikat gigi setelah makan bisa sebabkan gigi ngilu?

Sikat gigi setelah makan merupakan kebiasaan yang sudah sejak lama diketahui bermanfaat bagi kesehatan rongga mulut. Tapi ternyata, jika tidak dilakukan dengan cara yang benar, kebiasaan ini juga memicu gigi ngilu, lho!

Tidak dimungkiri, sikat gigi setelah makan memang penting untuk membersihkan sisa-sisa makanan. Tapi, penyikatan yang dilakukan langsung setelah makan justru memperbesar risiko terkikisnya permukaan gigi. Bahkan pada sebagian orang, hal ini dapat menyebabkan timbulnya rasa ngilu pada gigi.

Hal itu karena bakteri yang terkandung dalam plak di permukaan gigi akan memproses karbohidrat yang Anda makan, dan menghasilkan asam. Dengan kata lain, beberapa detik setelah makanan masuk ke dalam mulut, suasana rongga mulut Anda akan menjadi asam.

Kemudian, derajat keasaman (pH) dalam mulut yang awalnya netral dapat menurun tajam hingga mencapai pH kritis (5,5) dalam beberapa menit saja. Bahkan bisa lebih rendah, tergantung dari makanan/minuman yang Anda konsumsi.

Kondisi rongga mulut yang masih asam membuat permukaan gigi menjadi lebih lebih lunak. Jika Anda menyikatnya dalam kondisi seperti ini, pengikisan permukaan gigi sangat mungkin terjadi. Pada akhirnya, proses ini akan membuat permukaan gigi semakin tipis, sehingga Anda berisiko besar terkena gigi sensitif.

Bisa Dicegah

Berita baiknya, kondisi di atas bisa Anda cegah dengan menyikat gigi sebelum makan. Ini karena fluoride yang terkandung dalam pasta gigi akan berkontak dengan permukaan gigi, untuk selanjutnya melindungi gigi dari serangan asam yang dihasilkan oleh bakteri.

Sedangkan, bila Anda ingin menyikat gigi setelah makan, berikan jeda waktu paling tidak 30 menit. Dengan ini, Anda akan terhindar dari risiko terkikisnya permukaan gigi yang bisa berujung pada gigi ngilu. Di samping itu, jangan lupa juga untuk sikat gigi sebelum tidur, agar kebersihan rongga mulut Anda selalu terjaga.

Comments

comments

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *