Krupuk Ini Memang Enak Luar Biasa, Tapi Siapa Sangka Dibalik itu Ada Bahaya yang Mengancam Anda

Posted on

Siapa Sangka Dibalik Gurihnya Kerupuk ini, Ada Segudang Bahaya yang Luar Biasa

Anda penggemar berat kerupuk putih? Anda pasti tak bisa lepas dari kerupuk ini ketika sedang makan, namun sekarang anda harus hati-hati, karena ini bahayanya mengkonsumsi kerupuk tersebut.

Sebagian orang menyangka bahwa kerupuk putih lebih aman dimakan karena dinilai bebas zat pewarna. Namun pada prakteknya, kerupuk putih jauh lebih berbahaya dibandingkan kerupuk yang warna warni.

Dari berbagai kabar yang beredar di internet menyebutkan kerupuk yang berbahaya akan menyala saat dibakar. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), tidak perlu dibakar pun kerupuk berbahaya akan menyala. Bukan nyala api tentunya, tetapi nyala dari pendar warna atau fluoresensi.

“Warnanya ngejreng, berpendar atau berfluoresensi,” kata Kepala BPOM Lucky S Slamet dikutip dari laman Detik Health.

Lantas kerupuk putih bukankah tidak menggunakan pewarna? Ternyata bahaya kerupuk putih terletak pada proses penggorengannya. Pedagang biasanya mencampurkan plastik atu lilin ke dalam minyak panas agar kerupuk namapak putih bersih dan lebih tahan lama.

Dibandingkan dengan kerupuk berwarna, bahaya kerupuk putih lebih besar. Penambahan zat lilin atau plastik akan menimbulkan beberapa masalah sebagai berikut :

Merusak pencernaan
Lilin dan plastik yang ada pada kerupuk putih sangat sulit dan bahkan hampir tidak bisa dicerna. Dalam jangka waktu panjang, bahaya kerupuk putih dapat merusak usus dan lambung.

Pembususkan makanan yang penting
System penecernaan akan memprosess makanan berurutan dengan waktu masuknya ke dalam usus. Jika Anda mengkonsumsi kerupuk bersama makanan sehat, maka makanan sehat tersebut akan lama di cerna sehingga nutrisi baik di dalamnya akan hilang atau bahkan membusuk.

Rusaknya organ hati
Kandungan kimia lilin atau plastik dalam kerupuk putih akan dinetralisisr oleh hati. Namun jika kandungan polivynil chloride yang ada pada plastik berhasil masuk ke hati, hati akan mengalai kerussakan yang cukup parah.

Comments

comments

Loading...