Potasium Nitrat, Sang Penyelamat Gigi Sensitif

Posted on

Tahu potasium nitrat? Senyawa ini dapat menyelamatkan Anda dari ancaman gigi sensitif, lho!

Gigi sensitif membuat penderitanya serba salah. Sebab kondisi ini menyebabkan rasa ngilu saat penderitanya menyantap makanan atau minuman panas, dingin, atau asam.

Tapi kini Anda tidak perlu khawatir. Karena potasium nitrat hadir untuk menyelamatkan Anda dari musibah gigi sensitif yang kerap mengintai.

Potasium nitrat adalah senyawa kimia (KNO3), yang merupakan garam ion dari ion kalium (K+) dan ion nitrat (NO3−). Senyawa ini telah digunakan sejak dahulu kala sebagai pengawet makanan, dan juga dalam bidang pertanian.

Sedangkan di bidang kedokteran gigi, potasium nitrat digunakan sebagai bahan aktif dalam pasta gigi maupun obat kumur untuk mengurangi kejadian gigi sensitif.

Para ahli mengatakan bahwa potasium nitrat bekerja dengan membaur ke dalam struktur lapisan dentin yang menyerupai pipa (tubulus dentin) berisi cairan dan mengandung ujung serabut saraf gigi. Pada prosesnya, senyawa ini menetralkan saraf dan memblokir transmisi rasa nyeri ke otak, sehingga sensitivitas gigi berkurang.

Suatu penelitian membuktikan bahwa potasium nitrat yang digunakan 30 menit sebelum perawatan gigi tertentu dapat mengurangi sensitivitas pada gigi. Hal ini sejalan dengan penelitian lainnya, dimana penggunaan pasta gigi atau obat kumur yang mengandung potasium nitrat menunjukkan hasil yang signifikan dalam mengurangi gigi sensitif.

Sudah jelas, bukan? Jadi, jika Anda tidak ingin diselimuti oleh ancaman gigi sensitif, jangan lupa untuk memastikan produk perawatan gigi yang digunakan mengandung potasium nitrat.

sumber: alodokter

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *