WOW…Rumah Karya Arsitek Indonesia Ini Terlihat Imut Dari Luar, Tapi Saat Masuk Ke Dalam…Isinya 5 Lantai! Sampai Dapat Penghargaan Internasional!

Posted on

Splow house, singkatan dari Split-Grow House merupakan rumah yang dibangun di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Rumah ini merupakan karya dari Delution Arsitek. Memiliki konsep sebagai rumah yang dapat berkembang, menjadi tantangan untuk mendesain rumah yang nyaman untuk dihuni dengan luasan 120 meter persegi dengan budget terbatas.

Dengan lebar 6 meter dan panjang 15 meter, rumah didesain agar mendapatkan pencahayaan alami dan sirkulasi udara dari luar yang tentunya akan menghemat energi dari penggunaan lampu dan pendingin ruangan. Luasan yang kecil tidak menjadi masalah untuk memiliki ruang yang dibutuhkan dengan biaya terbatas. Rumah ini memungkinkan untuk penambahan ruang dikemudian hari ketika pemilik rumah memiliki budget lagi.

Rumah yang tampak seperti dua lantai ini memiliki tiga tingkat di dalamnya. Melalui konsep splitnya, tiap lantai dihitung sebagai setengah yang dianggap sebagai mezanin. Sehingga terdapat lima lantai mezanin di dalam rumah ini. Setiap lantainya terhubung dengan tangga dan voidnya yang menjadi sumber untuk sirkulasi pencahayaan dan udara secara alami. Dari void ini juga orang yang berada di setiap lantainya dapat saling berkomunikasi dari lantai yang berebeda.

Pada lantai pertama mezanin terdapat ruang makan dan juga dapur terbuka. Ruangan ini pun juga terhubung dengan kamar tidur tamu dan juga kamar mandinya. Pada ruang ini lantai didesain dengan ubin marmer yang berwarna abu-abu. Furniture didesain dengan material lightwood. Seluruh ruangan memiliki dinding berwarna putih untuk memaksimalkan penerangan pada ruangan.

Terdapat beberapa keunikan pada ruangan ini seperti meja lipat pada ruang makan yang memungkinkan untuk memberikan meja yang lebih panjang. Rak penyimpanan yang terdapat di samping tangga dan juga di anak tangganya. Yap! Pada tangga betonnya juga terdapat rak yang dapat dibuka dengan cara ditarik sehingga memberikan luang lebih untuk penyimpanan barang.

Untuk lantai mezanin kedua, merupakan lantai yang disuguhkan pertama kali ketika orang berkunjung ke dalam rumah. Terdapat ruang tamu yang sekaligus ruang baca di sudut ruangan. Terdapat pula jendela kaca lipat untuk menuju ke halaman samping rumah.

Comments

comments

Loading...